Bursa Saham Eropa Dibuka Menguat setelah Pergerakan Bank Sentral

Best profit – Bursa saham Eropa dibuka sebagian besar lebih tinggi pada hari Jumat, setelah Bank of Japan menahan diri memperkenalkan langkah-langkah baru stimulus besar-besaran dan investor terus mencerna tidak adanya aksi Federal Reserve di awal pekan ini.

Selama awal perdagangan Eropa, EURO STOXX 50 bertambah 0,14%, CAC 40 Perancis naik tipis 0,15%, sementara DAX 30 Jerman naik 0,32%.

Di akhir pertemuan kebijakan bulanan pada hari Jumat, BoJ mengumumkan sedikit peningkatan dalam pembelian exchange-traded funds (ETF), tapi mempertahankan target basis uangnya di ?80 triliun serta laju pembelian aset lainnya.

Bank sentral juga mempertahankan suku bunga negatif tidak berubah pada -0,1%.
Langkah ini mengecewakan harapan untuk paket stimulus hampir ?28 triliun yang dijanjikan oleh Perdana Menteri Shinzo Abe awal pekan ini untuk meningkatkan perekonomian.

Dalam pernyataan kebijakan bulanan, Fed mengatakan bahwa “risiko jangka pendek prospek ekonomi telah berkurang” dan pasar tenaga kerja telah “menguat”.

Pada bursa London, FTSE 100 turun 0,24%, terbebani oleh Rolls-Royce (LON:RR), yang sahamnya anjlok 2,95% setelah perusahaan itu mengumumkan rencana untuk melipatgandakan jumlah pemotongan pekerjaan di manajemen senior tahun 2016 menjadi 400 dan meramalkan pemulihan keuntungan di paruh kedua tahun ini.

Di AS, pasar ekuitas mengarah lebih rendah saat akan dibuka. Dow Jones Industrial Average berjangka jatuh 0,21%, S&P 500 berjangka rugi 0,23%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka tergelincir 0,10%.

Sumber: investing.com

BEST PROFIT FUTURES