Bursa Saham Eropa Dibuka Cemerlang

Rifan Financindo – Bursa saham Eropa dibuka menguat, Selasa (30/8), keuntungan dipimpin oleh sektor keuangan, setelah pasar terus mencerna komentar Ketua Federal Reserve Janet Yellen yang dibuat pada hari Jumat pekan lalu.

Selama perdagangan awal Eropa, EURO STOXX 50 mendaki 0,87%, CAC 40 Perancis melonjak 0,95%, sementara DAX 30 Jerman maju 0,87%.

Pada simposium Jackson Hole hari Jumat lalu, Ketua Fed Janet Yellen mengatakan kasus kenaikan suku bunga AS telah “menguat” dalam beberapa bulan terakhir akibat perbaikan dalam pasar tenaga kerja dan harapan pertumbuhan ekonomi yang solid .

Namun, dia tidak menunjukkan kapan Fed akan bertindak, dengan mengatakan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan tergantung pada data ekonomi yang masuk.

Berbicara tak lama setelah itu, Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan pidato Yellen adalah “konsisten” dengan harapan kemungkinan kenaikan dua suku bunga di tahun ini, membuka pintu kenaikan di bulan September.

Dalam bursa London, FTSE 100 naik tipis 0,04%, setelah saham-saham Inggris Raya mengikuti jejak saham-saham rekannya di Eropa yang juga lebih tinggi.

Di AS, pasar ekuitas mengarah dibuka stabil. Dow Jones Industrial Average berjangka menaik 0,06%, S&P 500 berjangka naik sedikit 0,02%, sedangkan Nasdaq 100 berjangka untung 0,04%.

Sumber: investing.com

RIFAN FINANCINDO