Bursa Saham China Raih Kenaikan Terbesar Dalam Tiga Bulan Terakhir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China melonjak tajam dalam 3 bulan terakhir, dipimpin oleh perusahaan teknologi dan industri, setelah data menunjukkan sektor perbankan nasional bagikan sejumlah catatan pinjaman di bulan Januari.

Indeks Shanghai Composite naik 3,3 % ke level 2,836.57 pada penutupan perdagangan, pangkas penurunan tahun ini menjadi 20 %. Saham PetroChina Co menguat 2,6 %. Pinjaman baru untuk mata uang yuan melonjak menjadi 2,51 triliun yuan ($ 390 miliar) pada bulan lalu, melampaui estimasi analis. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong memperpanjang kenaikan hari Senin. Sedangkan mata uang yuan melemah setelah alami kenaikan terbesar dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Pembuat kebijakan diharapkan untuk merilis paket kebijakan guna menjamin pertumbuhan ekonomi dalam kisaran yang wajar pada tahun ini, menurut laporan Economic Information Daily, mengutip orang-orang yang tak dikenal. Indeks Shanghai Composite yang mengalami penurunan terbesar di antara indeks acuan global setelah pada tahun ini Yunani telah memicu kekhawatiran perlambatan dan depresiasi yuan yang akan memperburuk arus keluar modal. Ekspor China pada bulan Januari menurun untuk bulan ke tujuh dan sektor impor anjlok sebesar 19 %, menurut data hari Senin. (knc)

Sumber : Bloomberg