Bursa Saham China Ditutup Naik Ke Level 2 Pekan Tertinggi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China naik ke level 2 pekan tertinggi seiring pengaliran dana kembali ke pasar ekuitas setelah melimpahnya penawaran umum perdana saat ini, sementara yuan melemah untuk hari ke-10 memicu memperkuat prospek pada sektor ekspor. Sementara saham pengembang properti dan perusahaan konsumen-discretionary memimpin kenaikan.

Indeks Shanghai Composite naik 1,8 % ke level 3,579.99 pada penutupan perdagangan. Saham Poly Real Estate Group Co melonjak pada batas harian sebelum rilis data harga rumah pada hari Jumat, sementara perusahaan produsen rumah tangga, Midea Group Ltd menguat ke level satu bulan tertinggi. Mata uang China menuju penurunan terpanjang setidaknya sejak 2007. Indeks Hang Seng China Enterprises meningkat 1,3 % pada pukul 03:16 sore waktu setempat selama 2 hari terakhir yang terbesar sejak Oktober lalu setelah Federal Reserve mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga selanjutnya akan dilakukan secara bertahap.

Sekitar 2,7 triliun yuan ($ 420 miliar) pada hari Senin telah dirilis kembali ke pasar ekuitas setelah 9 IPO, menurut laporan Securities Times. Keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade terakhir, memberikan sinyal bahwa kepercayaan dalam kekuatan ekonomi AS dan menjadi pertanda baik untuk ekspor China, menurut Shenwan Hongyuan Group Co. (knc)

Sumber : Bloomberg