Bursa Saham Asia Rally Ke Level Tertinggi Sejak Awal Tahun 2016

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -Saham Asia rally, dengan indeks acuan regional menuju penutupan tertinggi sejak perdagangan hari pertama tahun ini, seiring optimisme data perdagangan di China dan rebound pada harga komoditas yang didukung produsen material.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,9 % ke level 130,12 pada pukul 17:12 sore waktu Tokyo, kenaikan untuk hari keenam beruntun terpanjang dalam enam bulan terakhir. Indeks Topix Jepang menguat 2,6 % diiringi pelemahan yen yang dapat mendorong saham-saham di Tokyo. Keuntungan untuk logam industri dan meningkatnya harga bijih besi dengan batas harian mendorong perusahaan pertambangan Australia lebih tinggi. Kemarin harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi sejak bulan November terkait prospek Rusia dan Arab Saudi yang telah mencapai kesepakatan pada pembekuan produksi minyak mereka.

Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan China daratan yang terdaftar di Hong Kong menguat 4 % dan Indeks Shanghai Composite naik 1,4 %. Indeks Hang Seng Hong Kong 3,2 % lebih tinggi.

Ekspor China di bulan Maret mengalami lonjakan terbesar dalam setahun terakhir dan penurunan di sektor impor merosot, menambahkan bukti dari kestabilan di ekonomi terbesar kedua di dunia. Rebound di sektor ekspor kemungkinan menyarankan pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertema raih hasil yang lebih baik dari yang diharapkan, dengan data ekonomi pada hari Jumat diperkirakan menunjukkan ekspansi 6,7 % untuk periode tersebut. (knc)

Sumber : Bloomberg