Bursa Jepang Naik Karena Reli Minyak Picu Rebound Saham AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang naik untuk pertama kalinya dalam tiga hari karena pulihnya minyak mendorong rebound di penghujung hari dalam saham-saham AS sementara tekanan dari penguatan yen telah mereda.

Indeks Topix naik 1,1 persen menjadi 1,298.45 pada pukul 09:09 pagi di Tokyo, dipimpin oleh saham konstruksi dan logam. Nikkei 225 Stock Average naik 0,9 persen menjadi 16,052.04. Yen diperdagangkan di 112,18 per dolar setelah melonjak ke 111,04 pada hari Rabu, karena data ekonomi AS yang lemah mendorong greenback lebih rendah. Lonjakan dalam harga minyak mentah memicu pembelian sore hari di New York yang melihat Indeks Standard & Poor 500 menghapus kerugian awal sebanyak 1,6 persen.

E-Mini berjangka pada Indeks S&P 500 naik 0,4 persen setelah indeks ekuitas yang mendasari ditutup 0,4 persen lebih tinggi pada hari Rabu, dipimpin oleh rebound dalam perusahaan bahan baku, produsen energi dan saham teknologi. Sebelumnya pada hari itu, Markit Economics melaporkan pembacaan awal terburuk dari aktivitas sektor jasa AS sejak 2013, memunculkan pertanyaan tentang pertumbuhan di bagian terbesar dari perekonomian AS yang telah dianggap lebih tangguh dari sektor manufaktur.

Investor menunggu dimulainya pertemuan G-20 pada hari Jumat di Shanghai. Sementara prospek pertumbuhan global yang melemah diperkirakan akan mendominasi agenda pertemuan, kepentingan berkompetensi dan perbedaan kebutuhan masing-masing anggota yang cenderung menempatkan diskusi dalam konflik. Menteri Keuangan AS Jacob J. Lew mengatakan menteri keuangan tidak akan menyampaikan “tanggap darurat” untuk gejolak pasar.(frk)

Sumber: Bloomberg