Bursa Jepang Naik Di tengah Pelemahan Yen Jelang Rapat Kebijakan ECB

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk pertama kalinya dalam empat hari seiring pelemahan yen mendorong saham eksportir sementara investor menunggu pertemuan kebijakan oleh Bank Sentral Eropa.

Indeks Topix naik 0,9 persen ke level 1,344.65 pada istirahat perdagangan di Tokyo hari ini, dengan sekitar lima saham naik untuk setiap satu yang jatuh. Indeks itu turun 3,1 persen selama tiga sesi sebelumnya, setelah rally 15 persen dalam tiga minggu. Nikkei 225 Stock Average naik 1 persen ke level 16,806.10 pada hari Kamis. Yen diperdagangkan pada level 113,59 per dolar setelah jatuh 0,7 persen pada hari Rabu. Indeks Standard & Poor 500 naik 0,5 persen menjelang pertemuan ECB.

Pembuat mobil dan produsen alat listrik meraih kenaikan terbesar terbesar di Topix. Toyota Motor Corp naik 1,8 persen. Nippon Paper Industries Co menambahkan 6,4 persen setelah Credit Suisse Group AG menaikkan rating pada saham. Kansai Electric Power Co tenggelam 15 persen setelah pengadilan memerintahkan untuk menutup dua reaktor nuklir terkait masalah keamanan. (sdm)

Sumber: Bloomberg