Bursa Jepang Naik Akibat Yen dan Minyak Stabil di Tengah Pertemuan G-20

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang naik, menuju kenaikan mingguan back to back pertama kali sejak November lalu, karena yen dan minyak mentah stabil sementara menteri keuangan berkumpul untuk pertemuan G-20 di Shanghai.

Indeks Topix naik 0.8 persen menjadi 1,318.26 pada istirahat perdagangan pagi di Tokyo, memangkas kenaikan awal sebesar 1,7 persen. Nikkei 225 Stock Average naik 1,2 persen menjadi 16,332.97. Yen mempertahankan pelemahan dua hari sebelumnya, dan diperdagangkan di 112.83 per dolar. Indeks Standard & Poor 500 menguat meskipun Indeks Shanghai Composite pada hari Kamis turun 6,4 persen karena harga minyak yang lebih tinggi dan rebound dalam pesanan barang modal meningkatkan saham-saham.

E-Mini berjangka pada indeks S&P 500 naik 0,1 persen setelah indeks ekuitas yang mendasari ditutup 1,1 persen lebih tinggi pada hari Kamis, melonjak di perdagangan sore karena bank-bank melanjutkan Rebound mereka dari aksi jual di awal tahun ini. Data menunjukkan pesanan barang tahan lama bulan Januari naik tajam sejak Maret lalu, mengurangi kekhawatiran sejak akhir tahun lalu bahwa pabrik telah bergerak mundur.(frk)

Sumber: Bloomberg