Bursa Jepang Menguat Karena Yen Menghapus Gain

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang naik, membalikkan penurunan sebelumnya, karena yen berbalik lebih rendah sementara minyak rebound dari kerugian.

Indeks Topix naik 0,2 persen menjadi 1,294.93 pada istirahat perdagangan di Tokyo, setelah diperdagangkan di kisaran antara keuntungan dan kerugian sebanyak 1 persen. Indeks tersebut menguat 8 persen pekan lalu, kinerja terbaik sejak 2009. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,6 persen menjadi 16,060.11 pada hari Senin. Ekuitas telah menghapus kerugian setelah yen membalikkan kenaikan awal. Greenback turun pada hari Jumat bahkan karena data menunjukkan harga konsumen AS pada bulan Januari naik tajam dalam empat tahun.

Ekuitas Jepang telah berada di antara yang paling stabil di seluruh dunia tahun ini, bereaksi terhadap pergerakan yen dan minyak. Dengan saham-saham anjlok di seluruh dunia. Investor telah mengirim mata uang naik hampir 7 persen pada 2016. Yen diperdagangkan di 112,87 per dolar pada Senin.

Investor menunggu dimulainya pertemuan G-20 pekan ini. Pejabat dari ekonomi terbesar dunia akan berkumpul di Shanghai mulai Jumat mendatang, dengan pelemahan pandangan pertumbuhan global diperkirakan akan mendominasi agenda.(frk)

Sumber: Bloomberg