Bursa Jepang Melemah, Dipimpin oleh Produsen Minyak dan Eksportir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang turun di Tokyo, dipimpin oleh produsen energi karena pelemahn harga minyak mentah dan menguatnya yen, memperburuk masalah bagi eksportir yang telah melihat pengiriman luar negeri Jepang turun selama tujuh bulan berturut-turut.

Indeks Topix merosot 1 persen menjadi 1,329.84 pada istirahat perdagangan di Tokyo dengan sekitar tiga saham turun untuk setiap saham yang naik. Nikkei 225 Stock Average turun 1,1 persen menjadi 16,553.98. Yen naik 0,4 persen menjadi 109,74 per dolar setelah pembicaraan dua hari antara Kelompok Tujuh (G-7) kepala keuangan ditandai dengan perselisihan antara AS dan Jepang atas kebijakan nilai tukar mata uang. Minyak memperpanjang kerugian karena para pedagang mulai fokus pada pertemuan OPEC pekan depan, dengan Iran mengklaim tidak akan bergabung dengan pakta untuk membekukan produksi.

Produsen energi menjadi penyeret terbesar dalam Indeks Topix, dengan saham Inpex Corp. jatuh 2,4 persen. Utilitas juga melemah, dengan saham Tokyo Gas Co. turun 2,4 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg