Bursa Jepang Masih Tertekan Oleh Penguatan Yen Pada Istirahat Perdagangan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang turun karena menguatnya yen serta Iran dan Arab Saudi meredam harapan untuk rebound dalam harga minyak mentah, mengirimkan saham energi global lebih rendah.

Indeks Topix turun 1,6 persen menjadi 1,271.03 pada istirahat perdagangan pagi di Tokyo. Indeks tersebut memangkas penurunan awal sebesar 1.9 persen, sebelum turun lagi. Nikkei 225 Stock Average turun 0,7 persen menjadi 15,948.31. Saham-saham AS jatuh dengan minyak setelah Arab Saudi mengatakan kesepakatan baru untuk membekukan produksi tidak akan menyebabkan pengurangan produksi, sementara Iran menyebut kesepakatan tersebut “tidak masuk akal.”

Minyak mentah turun 1.7 persen, menambahkan penurunan 4,6 persen di New York pada hari Selasa. Usulan minggu lalu untuk membatasi produksi pada level bulan Januari menempatkan “tuntutan yang tidak realistis” terhadap Iran, kata menteri minyak Iran, pada hari Selasa. Menteri Perminyakan Arab Saudi mengatakan kesepakatan itu tidak akan mengurangi produksi minyak negara-negara lain akan menjadi tidak mungkin membantu dalam penahanan produksi.(frk)

Sumber: Bloomberg