Bursa Jepang Ditutup Turun Terkait Gagalnya Pembicaraan Antara OPEC dan Produsen Lainnya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang ditutup turun setelah pembicaraan antara anggota OPEC dan produsen lainnya berakhir tanpa kesepakatan untuk membatasi pasokan, sementara yen menguat setelah Kelompok 20 menteri keuangan mengisyaratkan oposisi untuk membatasi kekuatan mata uang.

Saham energi memimpin kerugian minyak mentah setelah minyak berjangka merosot. Perusahaan asuransi membukukan penurunan terbesar kedua setelah gempa pada hari Kamis dan gempa susulan yang kuat pada hari Sabtu mengakibatkan korban tewas lebih bayak. Beberapa perusahaan yang menghentikan produksi setelah terjadi gempa juga mengalami penurunan, termasuk Sony Corp, yang kehilangan 6,8 persen.

Indeks Topix merosot 3 persen menjadi 1,320.15 pada penutupan perdagangan di Tokyo, dengan semua kecuali satu dari 33 kelompok industri yang jatuh, setelah pekan lalu menguat tajam dalam dua bulan terakhir. Nikkei 225 Stock Average turun 3,4 persen menjadi 16,275.95. Yen menguat 0,7 persen menjadi 107,95 per dolar, penguatan untuk hari kedua setelah rekan-rekan G-20 Jepang mengisyaratkan oposisi untuk melindungi ekonomi negara yang rapuh melalui intervensi untuk mengekang penguatan mata uang.(frk)

Sumber: Bloomberg