Bursa Jepang Dibuka Melemah Pasca Libur Tiga Hari

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang turun pasca libur tiga hari setelah saham-saham terjebak terhadap pelemahan yang terjadi di bursa luar negeri di tengah kekhawatiran tentang prospek pertumbuhan ekonomi global.

Saham produsen otomotif turun di tengah skandal kecurangan emisi Volkswagen AG, dengan saham Mazda Motor Corp tenggelam 6,2%. Saham NGK Insulator Ltd. anjlok 11%. Saham SoftBank Group Corp. menjadi hambatan terbesar pada indeks Topix setelah investasi terbesarnya, Alibaba Group Holding Ltd., merosot ke level terendah sejak penjualan saham perdana tahun lalu. Saham Komatsu Ltd. turun 5% setelah Goldman Sachs Group Inc. memangkas rating perusahaan tersebut.

Indeks Topix merosot 1,3% ke level 1,442.97 pada pukul 09:23 pagi di Tokyo, dengan semua tapi hanya? empat dari 33 kelompok industri industri yang jatuh. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 1,6% ke level 17,785.44. Indeks Standard & Poor 500 merosot 2,6% sejak saham Jepang terakhir kali diperdagangkan pada tanggal 18 September, sedangkan Indeks Stoxx Europe 600 turun 3,9% karena tentang tentang kebijakan moneter Federal Reserve dan pelemahan data pabrik China yang membebani sentimen risiko.(frk)

Sumber: Bloomberg