Bursa Jepang Berakhir Di Zona Hijau

RIFANBERJANGKARIFANBERJANGKA – Bursa saham Jepang menguat, dipimpin oleh perusahaan keuangan dan produsen baja, karena penguatan ekuitas global di tengah keyakinan bahwa pembuat kebijakan akan memberlakukan langkah-langkah untuk membendung dampak dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Indeks Topix menguat 1,9 % menjadi 1,247.69 pada penutupan perdagangan di Tokyo. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,6 % menjadi 15,566.83. Yen menguat 0,5 persen menjadi 102,25 per dolar setelah pada hari Selasa melemah 0,7 persen. Setelah Perdana Menteri Shinzo Abe dan Bank of Japan bertemu hari Rabu pagi, Abe mengatakan kepada wartawan bahwa ia akan mengerahkan semua kemampuan yang ada setelah Brexit vote, sementara Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan bank sentral dapat mengalirkan dana ke pasar jika diperlukan.

Pengambil keputusan utama Jepang telah menyatakan keprihatinan atas setiap pergerakan harga yang berlebihan di pasar keuangan setelah indeks Topix turun tajam pada Jumat lalu sejak gempa bumi yang melanda negara tersebut pada Maret 2011. Shinzo Abe mengatakan dia ingin menteri keuangan dan gubernur bank sentral untuk melakukan pengawasan pasar lebih dekat dan bahwa dia khawatir tentang risiko pasar.(frk)

Sumber: Bloomberg