Bursa Jepang Berada di Zona Hijau Pada Istirahat Perdagangan Pagi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Jepang menguat untuk hari ketiga karena pesanan mesin melonjak lebih dari yang diharapkan menjelang tinjauan kebijakan moneter bank sentral dan setelah yen melemah karena ekuitas AS naik ke level tertinggi pada tahun 2016.

Indeks Topix naik 1,8 persen menjadi 1,384.35 pada istirahat perdagangan di Tokyo, menuju penutupan tertinggi sejak 4 Februari dengan 15 saham naik untuk setiap saham yang turun. Indeks tersebut mencatat penurunan mingguan pertama dalam empat minggu terakhir pada pekan lalu, setelah sebelumnya melonjak 15 persen selama tiga minggu. Nikkei 225 Stock Average menambahkan 2,1 persen menjadi 17,291.15 pada hari Senin. Yen diperdagangkan di 113,91 dolar setelah kehilangan 0,6 persen pada hari Jumat, ketika turun terhadap euro.

Asuransi dan bank memimpin kenaikan di antara 33 kelompok industri Topix setelah saham keuangan menguat di Eropa pada hari Jumat. Saham Dai-ichi Life Insurance Co.. melonjak 9,1 persen, sementara Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. menambahkan 3,9 persen. Pembuat mobil dan produsen alat listrik berada di antara yang memberikan peningkatkan terbesar dalam Topix. Saham Nippon Kayaku Co. tenggelam 6,6 persen setelah Nomura Holdings Inc. memangkas rating produsen kimia menjadi netral dari beli. Sementara saham Kanamoto Co, penyewa mesin konstruksi, naik 8,4 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg