Bursa Eropa Pangkas Penurunan Beruntun

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Bursa saham Eropa menguat, rebound dari penurunan empat hari terbesar mereka dalam dua bulan terakhir, karena penambang kembali pulih dan sejalan dengan harga komoditas.

Indeks Stoxx 600 naik 0,2 persen menjadi 339,52 pada pukul 08:23 pagi di London. Saham-saham memperpanjang level terendahnya dalam lebih dari sebulan kemarin karena penambang dan perusahaan minyak mengalami anjlok di tengah penurunan harga komoditas. Indeks Stoxx 600 saat ini diperdagangkan di sekitar 14,7 kali estimasi laba, di dekat valuasi terendah dalam dua bulan.

Saham-saham Eropa berada di jalur untuk penurunan mingguan kedua di tengah spekulasi yang berkembang bahwa bank sentral telah kehilangan antusiasme mereka. Memperburuk kekhawatiran: data ekonomi telah meleset dari prakiraan lagi dalam bulan ini, menurut indeks Citigroup Inc.(Bloomberg)

Bursa China Ditutup Turun Terkait Kekhawatiran Kebijakan Moneter

Bursa saham China turun ke level terendah dalam satu bulan pada hari perdagangan terakhir pekan ini di tengah spekulasi bahwa bank sentral tidak akan menambah stimulus.

Indeks Shanghai Composite turun 0,7 persen pada penutupan perdagangan. Indeks tersebut telah kehilangan 2,5 persen dalam minggu ini, yang merupakan terbesar sejak Mei lalu, setelah turun pada hari Senin di tengah lonjakan biaya pinjaman yuan di Hong Kong. Produsen komoditas melemah di Shanghai setelah harga minyak AS merosot. Indeks Hang Seng China Enterprises memperpanjang penurunan setelah penurunan dua hari tertajam dalam tujuh bulan terakhir.

Indeks Shanghai Composite ditutup di level 3,002.85, setelah sempat turun di bawah level 3.000 di mana dana yang didukung pemerintah berspekulasi telah melakukan intervensi di masa lalu. Saham China Petroleum & Chemical Corp turun 1,2 persen, terbesar sejak 24 Juni setelah harga minyak AS merosot 3 persen pada hari Selasa di tengah kekhawatiran berlimpahnya pasokan global akan bertahan. Indeks saham diskresi konsumen turun 1 persen akibat saham Midea Group Co. merosot ke penutupan terendah sejak 11 Juli dan FAW Car Co. melemah dari tiga minggu tertinggi.(Bloomberg)

Kekhawatiran Akan Negative Rate BOJ Menyeret Turun Nikkei dan Topix

Rata-rata saham Nikkei Jepang tergelincir ke penutupan terendah dalam 2 1/2 minggu pada hari Rabu, terseret oleh pelemahan saham perbankan di tengah spekulasi bahwa Bank of Japan akan memangkas suku bunga lebih dalam lagi ke wilayah negatif.

Indeks Nikkei turun 0,7 persen menjadi 16,614.24, level penutupan terendah sejak 26 Agustus.

Indeks Topix turun 0,6 persen menjadi 1,314.74, penurunan untuk sesi keenam, penurunan terpanjang sejak akhir April. Indeks JPX-Nikkei 400 tergelincir 0,6 persen menjadi 11,802.24.

BOJ berencana untuk membuat suku bunga negatif menjadi pusat dari pelonggaran moneter di masa depan setelah ekspansi ke pembelian aset yang sangat besar sudah berada di dekat batas mereka, surat kabar Nikkei melaporkan pada hari Rabu.(Reuters)

PT RIFAN FINANCINDO