Bursa Eropa Memperpanjang Penguatan

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Bursa saham Eropa memperpanjang level tertingginya sejak bulan April karena saham komoditas dan produsen energi memimpin kenaikan sebelum pertemuan Bank Sentral Eropa minggu ini.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3 persen pada pukul 08:09 pagi di London. Saham Anglo American Plc. dan BHP Billiton Ltd. naik setidaknya 1,2 persen karena penguatan harga logam. Saham Eni SpA dan Tullow Oil Plc naik 1 persen atau lebih, mengikuti harga minyak mentah yang lebih tinggi.

Acuan Eropa telah berlalu tanpa kerugian selama tiga hari terakhir, melonjak pada Jumat lalu setelah data AS mengisyaratkan pasar tenaga kerja mempertahankan stabilitas tanpa memperkuat kasus untuk peningkatan tingkat yang mungkin segera terjadi. Pedagang memprediksi kurang dari kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve sampai Desember mendatang.

Investor berspekulasi bahwa bank sentral global akan menjaga kebijakan moneter yang mendukung aset berisiko, menjelang keputusan suku bunga ECB hari Kamis mendatang. Sebagian besar ekonom memprediksi Ketua Mario Draghi akan memperpanjang pelonggaran kuantitatif untuk kedua kalinya, dengan inflasi di zona Eropa terjebak mendekati nol selama hampir dua tahun dan Brexit mengancam untuk melemahkan pemulihan di kawasan tersebut. Laporan hari ini menunjukkan pesanan pabrik Jerman meningkat kurang dari perkiraan pada bulan Juli. ( Bloomberg )

Bursa China Menguat, Tapi Keuntungan Dibatasi Oleh Pengaruh Kekhawatiran

Bursa saham China ditutup naik pada perdagangan hari Selasa didukung oleh saham konsumen bahan pokok dan otomotif, tapi keuntungan menjadi terbatas di tengah kekhawatiran bahwa regulator bergerak untuk mengurangi pengaruhnya di pasar keuangan negara.

Indeks CSI300 perusahaan terbesar yang terdaftar di Shanghai dan Shenzhen naik 0,7 persen, ke 3,342.63 poin, sedangkan indeks Shanghai Composite naik 0,6 persen menjadi 3,090.71 poin.

Indeks ChiNext untuk perusahaan start-up naik mengungguli pasar dan berakhir naik 2,1 persen pada hari Selasa.

Sektor konsumen bahan pokok adalah salah satu top gainers dengan subindex yang naik 1,0 persen. Saham otomotif mengalami reli, dipimpin oleh Anhui Jianghuai Automobile, yang sahamnya melonjak hampir 9,8 persen dalam satu poin, mengakhiri hari dengan naik 7,9 persen. ( Reuters )

Saham Defensif Bantu Angkat Nikkei; Mothers Market Menarik Pembeli

 

Bursa saham Jepang memperpanjang kenaikan pada hari Selasa, dibantu dengan pembelian saham-saham defensif seperti perusahaan makanan, tetapi perdagangan secara keseluruhan melemah karena investor menunggu untuk pembukaan pasar saham AS setelah liburan.

Indek Nikkei berakhir 0,3 persen lebih tinggi dan berada di 17,081.98 poin.

Indeks Topix juga menguat 0,7 persen ke 1,352.58, dengan saham yang diperdagangkan sebanyak 1.542 miliar, lebih rendah dari volume perdagangan rata-rata 30-hari sebanyak 1,838 miliar saham.

Indeks JPX- Nikkei 400 naik 0,6 persen menjadi 12,160.56.

Sementara itu, Mothers index (Indeks dari semua saham biasa dalam negeri yang terdaftardi Tokyo Stox Exchange Mothers), yang berisi daftar perusahaan start-up, naik 1,0 persen menjadi 939,58, level penutupan tertinggi sejak 16 Agustus lalu. ( Reuters )

PT RIFAN FINANCINDO