Bursa Eropa Ditutup Melemah Seiring Siemens Catat Laba Mengecewakan

9ee04abb825897d07970b7a81a0c3d92RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Eropa turun dari level 7 tahun tertinggi, kenaikan beruntun terpanjangnya sejak April lalu, Siemens AG dan Royal Philips NV membukukan laba yang mengecewakan, sementara itu saham Yunani mengalami pelemahan.

Saham Siemens turun 3 %, berkontribusi besar pada penurunan saham perusahaan industri, setelah perusahaan engineering terbesar di Eropa melaporkan penurunan laba kuartal pertama. Saham Philips anjlok sebesar 5,9 % setelah mengatakan bahwa target keuangan pada 2016 mendatang. Bank Yunani menyeret saham pemberi pinjaman turun.

Indeks Stoxx Europe 600 melemah sebesar 1 % ke level 368,7 pada penutupan perdagangan, setelah sebelumnya turun 1,4 %. Indeks tersebut pada hari Senin ditutup menguat dalam 8 hari terakhir di tengah optimisme tentang stimulus Bank Sentral Eropa, sementara saham Yunani merosot terkait partai oposisi Syriza memenangkan pemilu pada hari Minggu kemarin. Indeks Swiss Market naik 1,3 % pada hari ini, yang merupakan kenaikan pada hari ketiga, seiring Wakil Presiden Swiss National Bank (SNB) Jean-Pierre Danthine mengatakan bersedia untuk ikut campur tangan di pasar mata uang pasca melepaskan cap pada mata uang franc.

Indeks ASE turun untuk hari kedua, memangkas reli pada hari Jumat, terkait Perdana Menteri baru Alexis Tsipras berjanji untuk mengakhiri penghematan. Indeks tersebut melemah 3,7 %, diikuti Eurobank Ergasias SA, National Bank of Greece SA, dan Piraeus Bank SA anjlok sebesar 12 % ke rekor terendahnya. (knc)

Sumber : Bloomberg