Bursa Eropa Bergerak Kuat Didukung ARM

PT RIFAN FINANCINDO – Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada perdagangan hari Senin (18/07) dipimpin oleh rally saham ARM setelah Softbank mengajukan tawaran $ 32 miliar untuk raksasa semikonduktor Inggris dan karena investor mencerna sejumlah sentimen geopolitik termasuk kudeta yang gagal di Turki.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,68 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.708,33, naik 39,09 poin atau 0,59%

Indeks DAX berada pada posisi 10.104,49, naik 37.59 poin atau 0.37%

Indeks CAC berada pada posisi 4.395,82, naik 23,31 poin atau 0,53%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.575,30, naik 44,30 poin atau 0,52%

Softbank Senin mengumumkan bahwa mereka akan membayar ? 17 per saham untuk ARM, premi 43 persen pada harga penutupan Jumat, dalam sebuah kesepakatan tunai. Saham ARM rally lebih dari 46 persen. Produsen chip lainnya termasuk Dialog Semiconductor dan Austria Microsystems yang diperdagangkan lebih tinggi.

Investor juga mencerna sentimen geopolitik karena beberapa stabilitas kembali ke tenggara Eropa setelah kudeta yang gagal terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat.

Dalam berita lain, Perancis akan memulai hari ketiga berkabung pada hari Senin untuk korban serangan Bastille Day di Nice yang menewaskan 84 orang.

Ketegangan juga terjadi di AS setelah tiga petugas polisi ditembak mati di Baton Rouge oleh seorang pria bersenjata dalam serangan pada hari Minggu.

Pada hari Senin, para menteri luar negeri akan bertemu di Brussels di bawah ketegangan geopolitik. Menteri Luar Negeri Inggris baru Boris Johnson akan menghadapi rekan-rekannya di Eropa untuk pertama kalinya dalam peran barunya, dan setelah pemungutan suara Brexit, dimana dia adalah juru kampanye utama.

Sektor sumber daya dasar melemah lebih luas karena dolar AS yang lebih kuat menekan harga logam dan broker memangkas prospek mereka pada sejumlah saham.

Credit Suisse memangkas prospek pada Glencore dari ?outperform? menjadi ?netral? tapi menaikkan target harga untuk saham bersama dengan Anglo American, Rio Tinto dan BHP Billiton. Semua saham diperdagangkan di wilayah negatif.

Di tempat lain, bank-bank masih menjadi fokus. Saham Banca Monte dei Paschi di Siena diperdagangkan lebih rendah setelah Moody `s menurunkan peringkat bank dan diperkirakan kekurangan modal sekitar 2-5 miliar euro pada pemberi pinjaman Italia bermasalah.

Saham BBVA Spanyol diperdagangkan lebih rendah setelah Credit Suisse menurunkan target harga untuk saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan meredanya kekuatiran serangan di Nice, Perancis dan gagalnya kudeta di Turki, serta rally saham teknologi.

Sumber : http://vibiznews.com

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.