Bursa China Merespon Positif Pemotong Tingkat Suku Bunga

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham China naik, mengirim indeks acauan ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir, setelah bank sentral memangkas suku bunga untuk keenam kalinya dalam satu tahun karena pemimpin negara tersebut berkumpul pekan ini untuk memetakan rencana lima tahun mendatang.

Shanghai Composite Index naik 0,7% ke level 3,437.52 pada pukul 09:32 pagi waktu setempat, menuju level tertinggi sejak 21 Agustus. Empat saham naik untuk setiap satu saham yang turun di indeks, karena volume perdagangan hampir tiga kali lipat dari rata-rata 30-hari untuk hari ini. Saham keuangan dan material memimpin terlebih dahulu, dengan Citic Securities Co. dan Jiangxi Copper Co. menguat lebih dari 2%.

Indeks Shanghai telah kembali pulih 17% dari level terendah tahun ini pada 26 Agustus lalu di tengah spekulasi bahwa para pembuat kebijakan akan memperkenalkan langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi setelah kegaduhan dalam pasar ekuitas yang menghapus hampir $ 5 triliun dari nilai pasar. Bank Rakyat China pada hari Jumat mengumumkan pemotongan suku bunga pinjaman acuan sebanyak 25 basis poin, sedangkan rasio persyaratan cadangan untuk pemberi pinjaman dikurangi sebesar 50 basis poin. Partai Komunis akan melakukan pertemuan untuk sesi pleno kelima mulai dari hari Senin (26/10).(frk)

Sumber: Bloomberg