Bursa China Memimpin Gain Dua Hari Pertama Pada Tahun 2016 Jelang Rilis Data

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham China menuju kenaikan dua hari pertama mereka dalam tahun ini sebelum rilis data yang akan isyaratkan ekonomi China mulai stabil.

Indeks Shanghai Composite naik 0,3 persen menjadi 2,921.66 pada pukul 09:35 pagi waktu setempat, dipimpin oleh konsumen produsen bahan pokok. Pemerintah China mungkin akan melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto tahunan sebesar 6,9 persen pada hari Selasa, laju paling lambat sejak 1990, menurut perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg. Biro Statistik Nasional juga dijadwalkan akan melaporkan data GDP untuk kuartal keempat, bersama dengan produksi industri, penjualan ritel dan angka investasi aset tetap perkotaan untuk bulan Desember pukul 10:00 pagi

Indeks ekuitas acuan telah turun 20 persen sejak tertingginya di bulan Desember terhadap memudarnya keyakinan bahwa pemerintah dapat mengelola transisi negara tersebut ke model pertumbuhan baru dan untuk mata uang yang lebih bebas diperdagangkan.

Pedagang mengurangi kepemilikan saham yang dibeli dengan uang pinjaman untuk 12 hari beruntun pada hari Senin, memotong saldo utang margin pada bursa Shanghai menjadi 584 miliar yuan ($ 88.8 miliar), terendah dalam empat bulan terakhir.

Regulator sekuritas China membantah laporan Reuters bahwa Ketuanya Xiao Gang mengajukan pengunduran diri. Reuters melaporkan bahwa ketua China Securities Regulatory Commission mengajukan pengunduran diri pekan lalu, mengutip orang tak dikenal. Tidak jelas apakah pemerintah telah menerima tawarannya, kata kantor berita tersebut.(frk)

Sumber: Bloomberg