Bursa Asia Naik untuk Hari Ketiga Setelah Yen Melemah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Bursa saham Asia dibuka menguat untuk hari ketiga, menyusul kenaikan di bursa saham Eropa dan Amerika, dengan pelemahan yen mengangkat ekuitas di Tokyo karena investor menunggu perkembangan di Yunani dan data pekerjaan AS.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% ke level 146,69 pada pukul 09:01 pagi di Tokyo. Indeks Topix Jepang naik 1% setelah pada Rabu kemarin yen melemah 0,5%. Berjangka dalam Indeks FTSE Cina A50 naik 3,3% setelah regulator sekuritas China menenangkan aturan marjin perdagangan dan memotong biaya transaksi ekuitas dalam upaya terbaru mereka untuk mencegah bear market yang lebih dalam.

Indeks Standard & Poor 500 naik 0,7% dan Indeks Stoxx Europe 600 melonjak 1,5% setelah turun dalam dua hari terakhir karena Yunani mengindikasikan siap untuk berkompromi pada mengakhiri kebuntuan atas bantuan bailout. Tawaran itu ditolak oleh para pemimpin kawasan euro, yang telah mengatakan mereka tidak akan mengadakan pembicaraan sampai setelah referendum hari Minggu terkait tuntutan kreditur.

Indeks S&P/ASX 200 Australia sedikit berubah dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,4%. Indeks NZX 50 Selandia Baru menguat 0,2%. Pasar saham Hong Kong dibuka kembali pada hari ini setelah liburan.(frk)

Sumber: Bloomberg