Bursa Asia Naik Mengekor Wall Street

RIFAN FINANCINDO – ?Bursa Asia sedikit menguat pada perdagangan hari ini mengekor Wall Street yang kembali mencetak rekor dan imbas dari pulihnya harga minyak. Sementara nilai tukar dolar menguat ke posisi puncak dalam enam minggu.

Melansir laman Reuters, Kamis (21/7/2016), indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,1 persen, mendekati kembali posisi paling tinggi dalam sembilan bulan pada pekan lalu. Sementara indeks saham Jepang Nikkei melonjak 1,2 persen terdorong pelemahan mata uang.

Adapun minyak mentah yang mempengaruhi pasar Asia naik 1 persen. Kenaikan terjadi setelah data persediaan AS mengurangi keresahan tentang membanjirnya pasokan di pasar.

Sementara nilai tukar Dolar AS naik 0,2 persen terhadap Yen menjadi 107,14 sebelumnya di level 107,460. Ini angka tertinggi sejak 7 Juni dan kembali ke level sebelum pasar bergejolak usai keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa pada bulan lalu.

Hal yang hanya akan berdampak pada pasar adalah kebijakan Presiden Turki Tayyip Erdogan yang mengatakan keadaan darurat di Turki. Dia membuat keputusan lebih besar setelah mengambil tindakan tegas terhadap ribuan anggota pasukan keamanan, peradilan, pelayanan sipil dan akademisi setelah kegagalan perebutan kekuasaan oleh militer yang menimpanya.

Rencananya,? Bank Sentral Eropa akan mengadakan rapat. Pada pertemuan ini diharapkan bank utama tersebut bisa menahan kebijakan yang bisa menyeimbangkan pasar terkait Program Stimulus 1,7 triliun euro.

“Pelemahan euro otomatis memberikan stimulus ke ekonomi, yang berarti ECB bisa menunggu,” tulis Kathy Lien, Direktur strategi FX BK Asset Management.

Rencananya, para menteri keuangan dari negara-negara dengan ekonomi kuat di dunia akan bertemu di China pada akhir pekan ini. Dampak Brexit terhadap pertumbuhan global diramalkan akan mendominasi pembicaraan pada pertemuan tersebut.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.