Bursa Asia Naik Karena Penguatan Minyak Redakan Kegaduhan Ekuitas Global

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bursa saham Asia menguat, mengurangi aksi jual yang terjadi di pasar saham global yang membawa indeks acuan regional ke level terendah tiga tahun, minyak mentah rebound setelah sempat turun di bawah $ 27 per barel.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3 persen menjadi 116,93 pada pukul 09:13 pagi di Tokyo. Indeks tersebut telah turun 12 persen dalam bulan ini hingga Rabu kemarin, menuju bulan terburuk sejak mendalamnya krisis keuangan global pada 2008 silam. Ekuitas global telah jatuh lebih dari 19 persen dari rekor tertinggi yang dicapai pada bulan Mei, dengan saham-saham Jepang turun ke bear market setelah penurunan harga minyak membuat kekhawatiran atas prospek ekonomi global.

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 8,6 persen, setelah turun tajam dalam lebih dari empat bulan pada hari Rabu, karena produsen energi tertekan terhadap prospek pemulihan tahun ini. Saham-saham energi memiliki keuntungan terbesar di antara kelompok industri dalam indeks MSCI Asia Pacific pada hari Kamis.(frk)

Sumber: Bloomberg