Bursa Asia menguat

ilustrasi saham asiaRIFAN FINANCINDO – Bursa saham Asia kembali bergerak naik mengawali perdagangan Senin (11/11). Akhir pekan lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pembicaraan perdagangan dengan China bergerak sangat baik, meski tetap ada ketidakpastian mengenai kesepakatan akan ditandatangani tahun ini.

Mengutip Reuters, indeks Nikkei Jepang naik 0,2% lebih dekat ke level tertinggi 13 bulan terakhir. Saham Australia naik 0,5% ke level tertinggi dua pekan, sementara KOSPI Korea Selatan turun 0,2%.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,05% ke 534,63, menguji puncak enam bulan terakhir.

Trump mengatakan pembicaraan dengan China telah bergerak lebih lambat daripada yang dia inginkan, tetapi menambahkan bahwa Beijing menginginkan kesepakatan lebih dari yang dia lakukan.

Itu nada yang lebih optimistis daripada hanya beberapa hari sebelumnya ketika Trump menekankan bahwa Gedung Putih tidak akan setuju untuk pengembalian penuh dari tarif yang ada.

“Terlepas dari gertakannya bahwa ‘China menginginkan kesepakatan perdagangan lebih dari yang saya lakukan’, pasar merasa bahwa Trump kemungkinan besar cukup tertarik untuk melakukan gencatan senjata, menjadi risiko ekonomi AS yang serius menuju tahun pemilihan 2020,” kata David Bassanese, Ekonom Betashares yang berbasis di Sydney.

 

Sumber : kontan

Leave a Reply