Bursa AS Pangkas Kenaikan Diiringi Penguatan Saham Energi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham AS pangkas kenaikan setelah merosotnya harga minyak, mendorong penguatan saham perusahaan energi seiring ekuitas telah berjuang pulih jelang pertemuan kebijakan Federal Reserve pekan depan.

Kemerosotan saham energi dan industri telah membantu menahan penguatan ekuitas sejak indeks acuan mencapai level lebih dari 3 bulan tertinggi pada awal November. Saham maskapai penerbangan mendorong penurunan saham industri hari ini, sementara saham Chevron Corp naik 2,1 % setelah memangkas rencana pengeluaran pada tahun 2016.

Indeks S&P 500 naik 0,3 % ke level 2,052.72 pada pukul 12:38 siang waktu New York, pangkas kenaikan lebih awal sebesar 0,8 %. Indeks tersebut kehilangan momentum untuk gain pada rata-rata 200-hari. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 65,11 poin atau 0,4 %, ke level 17,557.41, dan Indeks Nasdaq Composite meningkat 0,3 %.

Dengan pertemuan The Fed yang kurang dari seminggu lagi, kinerja Indeks S&P 500 pada Desember ini terbukti pengecualian untuk tren historis untuk bulan ini yang biasanya mengikuti penguatan untuk ekuitas global. Reli awal ?pada saham Apple Inc. kemarin terhenti diiringi penurunan saham teknologi, sementara kekhawatiran saat ini tentang laju pertumbuhan global menghapus semua kenaikan pada indeks acuan pada tahun 2015. (knc)

Sumber : Bloomberg