Dampak Brexit Kecil Ke Ekonomi Eropa

RIFAN FINANCINDO –Hasil referendum Brexit hanya memiliki dampak negatif sedikit pada perkiraan pertumbuhan ekonomi di zona euro. Kesimpulan ini didapat dari tiga lembaga riset (think tank) yang menyatakannya dalam sebuah laporan perkiraan bersama mereka pada Selasa (12/7/2016).

Keluaran atau output ekonomi di kawasan euro diperkirakan akan meningkat sebesar 0,4 persen pada kuartal ketiga dan dengan hanya 0,3 persen pada kuartal keempat, menurut perkiraan terbaru oleh Ifo Institute yang berbasis di Munich, Insee Institute Prancis, dan Istat Institute Italia. “Tanpa referendum, kita akan memperkirakan pertumbuhan tetap sekitar 0,4 persen pada kuartal keempat,” kata Atanas Hristov, analis Ifo Institute.

“Referendum telah meningkatkan ketidakpastian secara signifikan. Namun demikian, dampak negatif jangka pendek akan tetap terbatas, sedangkan dampak jangka menengah akan sangat tergantung pada kesepakatan baru yang dicapai antara Inggris dan Uni Eropa,” tambah Hristov. Laporan ini mencatat bahwa tingkat pertumbuhan tahunan untuk 2016 di zona euro diperkirakan sekitar 1,6 persen.

Sumber : http://www.suara.com/bisnis

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.