Brent Naik Di atas $ 34 Terkait Rencana Saudi Untuk Perundingan Dengan Rusia

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Minyak Brent bergerak naik di atas level $ 34 per barel terkait Arab Saudi mengatakan akan mengadakan perundingan dengan Rusia di Doha pada hari Selasa untuk membahas pasar, menurut orang-orang yang berada pada pembicaraan tersebut.

Kontrak meningkat sebanyak 4 % di London, naik untuk hari ketiga. Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali al-Naimi akan berbicara dengan rekannya Rusia, Alexander Novak di ibukota Qatar, menurut orang yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena pembicaraan bersifat pribadi. Orang tersebut tidak mengatakan agenda pertemuan ini, yang juga akan dihadiri oleh Venezuela.

Harga minyak masih turun sekitar 8 % pada tahun ini di tengah prospek peningkatan ekspor Iran dan BP Plc memprediksi pasar akan tetap “sulit dan bergejolak” di semester pertama karena berpendapat dengan surplus 1 juta barel per hari. Iran memuat kargo pertama ke Eropa sejak sanksi internasional berakhir, sementara perusahaan di China dan Spanyol juga telah memesan pengiriman.

Brent untuk pengiriman April naik $ 1,33 ke level $ 34,72 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London dan berada di level $ 34,48 pada pukul 09:01 pagi waktu Hong Kong. Kontrak kemarin menguat 3 sen menjadi ditutup pada level $ 33,39 setelah gain sebesar 11 % pada Jumat lalu. Minyak mentah acuan Eropa dengan premi sebesar $ 1,53 dibandingkan dengan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan April.

WTI untuk pengiriman Maret meningkat $ 1,50 ke level $ 30,94 per barel di New York Mercantile Exchange dari penutupan hari Jumat. Tidak ada pergerakan harga di hari Senin karena pasar AS liburan untuk memperingati Hari Presiden. Perdagangan minyak akan dipesan pada hari Selasa untuk tujuan pembayaran. Kontrak tersebut melonjak 12 % untuk menetap di level $ 29,44 pada hari Jumat setelah anjlok 19 % dalam enam sesi sebelumnya. (knc)

Sumber : Bloomberg