BOJ Menahan Diri dari Stimulus Tambahan Antarkan Saham Jepang Ditutup Melemah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang melemah terkait Bank of Japan (BOJ) menahan diri dari stimulus tambahan dan setelah Federal Reserve mempertahankan suku bunga seiring data ekonomi terbesar dunia menunjukkan hampir tumbuh pada kuartal terakhir.

Saham Honda Motor Co anjlok sebesar 6,7 % dan saham Shin-Etsu Chemical Co merosot 7 % setelah melaporkan laba yang tidak sesuai dengan perkiraan. Saham Takeda Pharmaceutical Co melemah 2,1 % setelah mengatakan akan membayar $ 2.37 miliar untuk menyelesaikan tuntutan hukum AS yang menuduh perusahaan menyembunyikan risiko kanker dari obat diabetes Actos. Saham TDK Corp naik 4 %, kenaikan tertinggi pada Indeks Nikkei 225 Stock Average, setelah target dividen melebihi perkiraan.

Indeks Topix turun 2,1 % ke level 1,592.79 pada penutupan perdagangan di Tokyo, yang merupakan penurunan terbesarnya sejak 6 Januari lalu, karena pasar dibuka kembali pasca liburan. Semua kelompok industri kecuali 2 dari 33 kelompok industri mengalami penurunan. Volume pada ukuran sekitar 25 % di atas rata-rata 30-hari. Indeks Nikkei 225 turun 2,7 % ke level 19,520.01. (knc)

Sumber : Bloomberg