BOE : Pengenduran Ekonomi Makin Cepat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Bank of England (BOE) mengatakan bahwa tingkat kapasitas cadangan dalam ekonomi Inggris telah jatuh seiring diturunkannya perkiraan untuk pertumbuhan upah dan juga mengatakan akan lebih menitik beratkan pada pendapatan dalam penilaian kebijakannya.

Dalam laporan inflasi BOE yang diterbitkan hari ini di London, para pembuat kebijakan yang dipimpin oleh Gubernur Mark Carney itu mengatakan tingkat pengenduran ekonomi di wilayah tersebut menjadi sebesar 1 persen dari GDP-nya. Itu dikomparasi dengan estimasi sebelumnya sebesar 1.25 persen. Namun meski kekenduran ekonomi menjadi lebih cepat dari yang diantisipasi sebelumnya, BOE juga mengatakan bahwa laju kemunduran ini akan melambat, yang ?seharusnya bisa menghambat peningkatan tekanan inflasi domestik?.

Bank sentral menurunkan garis dari laporan sebelumnya bahwa ada ruang untuk lebih pengenduran ekonomi untuk diserap sebelum kenaikan suku bunga dilaksanakan. Namun, itu tetap menjadi pandangan Komite Kebijakan Moneter ketika mereka mulai menaikkan suku bunga dari rekor terendah di angka 0,5 persen, laju pengetatan akan dilakukan secara bertahap.

Laporan ini menyoroti dilema bagi para pembuat kebijakan karena mereka menyeimbangkan penguatan ekonomi dan kebutuhan untuk menjauh dari pengaturan kebijakan darurat terhadap inflasi di bawah target dan laba tenang. Data hari ini menunjukkan laba turun sebesar 0,2 persen pada kuartal kedua, lebih dari 0,1 persen dari perkiraan BOE.?(izr)

Sumber: Bloomberg