BI Umumkan Suku Bunga

bank-indonesiaRIFAN FINANCINDO – Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Desember pada hari ini, Kamis (19/20/2019). Adapun rapat tersebut sudah berlangsung sejak 18-19 Desember 2019.

Dalam rapat bulanan tersebut, Dewan Gubernur BI bakal mengumumkan beberapa kebijakan moneter. Salah satunya adalah terkait suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate).

Bank Sentral akan mengumumkan keputusan mereka untuk menahan, menurunkan atau menaikkan suku bunga acuannya. Sebelumnya pada RDG bulan November, BI memutuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 5%.

Maka suku bunga Deposit Facility (DF) tetap bertahan di level 4,25% dan suku bunga Lending Facility (LF) pada level 5,75%.

Hal itu sekaligus menjadi bulan pertama BI menahan suku bunga acuannya, setelah sepanjang Juli, Agustus, September, Oktober 2019 memutuskan untuk menurunkan suku bunga masing-masing sebesar 25 bps.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, pemangkasan suku bunga acuan telah sejalan dengan prakiraan inflasi yang tetap rendah sesuai sasaran dan tetap menariknya imbal hasil investasi keuangan domestik.

“Serta sebagai langkah pre emptive lanjutan untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi domestik, di tengah menurunnya ekonomi global,” kata dia dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

 

Sumber : okezone