Berkurangnya Klaim Pengangguran AS, Tekan Emas Turun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka turun ke level 6 pekan terendahnya setelah rilis laporan pemerintah menunjukkan bahwa bursa tenaga kerja AS membaik, sehingga mengurangi permintaan akan aset safe haven.

Sedikit warga Amerika pada bulan lalu dalam 8 tahun terakhir yang mengisi aplikasi akan klaim pengangguran. Kemarin Federal Reserve melanjutkan memangkas pembelian aset bulanan, sementara hal tersebut menegaskan kembali bahwa The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga rendah untuk ?waktu yang cukup lama? sebagaimana The Fed melihat akan perbaikan pada ?kisaran? indikator tenaga kerja.

Bulan ini emas mengalami penurunan sebesar 3%, setelah reli 10% pada kuartal pertama tahun ini, sebuah kenaikan yang melampaui perkiraan komoditas, ekuitas dan obligasi Treasury. Sementara pembelian dipicu oleh ketegangan di Ukraina dan Timur Tengah, tanda-tanda pertumbuhan ekonomi AS mengurangi permintaan bullion sebagai sebuah aset alternatif.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember turun 1.1% ke level penyelesaian $1,282.80 per ounce pukul 1:40 siang di Comex, New York, setelah sebelumnya menyentuh level $1,281.30, level terendah untuk kontrak yang sangat aktif sejak 19 Juni lalu.

Kenaikan suku bunga diperkirakan akan terjadi ?lebih awal dan lebih cepat dari perkiraan saat ini? jika pasar tenaga kerja berlanjut membaik lebih cepat dari pekriraan sebeluimnya, menurut Ketua The Fed Janet Yellen saat menyatakan dihadapan para parlemen di bulan ini. Kemarin bank sentral AS telah mengurangi pembelian aset bulanan sebesar $10 miliar, sehingga hanya menyisakan $25 miliar. (bgs)

Sumber : Bloomberg