Belum Bisa Bikin Avatar di Facebook?

5f5060e5f3054RIFAN FINANCINDO – Facebook Avatar belakangan ramai dibagikan pengguna di linimasa, termasuk pengguna di Indonesia. Meski demikian, beberapa pengguna Facebook mengaku mereka masih belum bisa menggunakan fitur Facebook Avatar ini.

Head of Facebook App, Fidji Simo mengatakan bahwa fitur ini akan segera hadir secara bertahap ke semua pengguna di seluruh dunia.

“Bagi pengguna yang belum memilikinya, fitur ini akan diluncurkan. Jangan khawatir fitur ini akan segera hadir untuk Anda,” kata Simo dikutip KompasTekno dari KSAT, Kamis (3/9/2020).

Fitur untuk membuat Avatar sendiri tersembunyi di menu Facebook. Di perangkat mobile, menu ini ada di pojok kanan atas dengan ikon tiga garis bertumpuk.

Namun jika menu tersebut belum juga muncul atau tidak bisa digunakan, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakses fitur avatar di Facebook.

1. Update Facebook

Pastikan aplikasi Facebook Anda adalah versi yang paling terbaru. Anda bisa meng-update melalui toko aplikasi Google Play Store untuk Android dan App Store untuk perangkat iOS.

Setelah di-update, buka aplikasi Facebook dengan cara log in melalui perangkat Android atau iOS.

2. Lewat stiker yang dibagikan di komentar

Buka kolom komentar dari postingan teman Anda yang dibagikan di Feeds. Anda dapat meminta teman untuk membagikan avatar yang telah dijadikan stiker melalui kolom komentar.

Anda juga dapat meminta teman Anda untuk membagikan avatar mereka ke fitur obrolan Facebook Messenger. Stiker avatar yang dibagikan di kolom komentar akan disertai dengan opsi Create Your Avatar.

Klik opsi tersebut dan mulialah membuat avatar sendiri.

3. Lewat Facebook Messenger

Akses untuk membuat avatar bisa dilakukan dari Facebook Messenger. Buka aplikasi Messenger, kemudian pilih salah satu percakapan (atau buat percakapan baru).

Kemudian, klik tombol Emoji yang ada di percakapan Messenger, dengan ikon smiley warna biru di pojok kanan bawah. Kemdian, pilih tab Stickers, di sana Anda akan menemukan tombol Make your Avatar.

Langkah-langkah membuat Avatar

Setelah memilih opsi membuat Avatar, Anda akan diarahkan ke halaman khusus yang menyediakan beragam penyesuaian, seperti bentuk wajah, warna kulit, bentuk dan warna rambut, mata, dan sebagainya.

Kemudian, Anda dapat langsung menyesuaikan penampilan dengan menambahkan aksesori, seperti kacamata, topi, hiasan rambut, atau make up di bagian Headwear.

Setelah pengeditan dan penyesuaian avatar selesai seperti yang diinginkan, Anda bisa menyimpan avatar tersebut dengan mengeklik tombol “Next”, lalu “Done”.

Avatar pun bisa digunakan sebagai pemanis ketika pengguna ingin mengunggah status, memberikan komentar pada unggahan teman, atau dibagikan di Facebook Story.

 

Sumber : kompas