BEI Dukung UMKM Melalui Layanan Data

1465855176RIFAN FINANCINDO – Bursa Efek Indonesia (BEI) pada September 2021 lalu telah meluncurkan layanan data sebagai bentuk dukungan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Unit Penjualan dan Pemasaran Data BEI, Lulu Meutia mengungkapkan, hingga kini sudah ada dua pihak yang tertarik dengan layanan data IDX tersebut.

Adapun beberpaa layanan data yang ditawarkan mencakup IDX equity real time summary, IDX equity real time indices, IDX-i Equity real time summary, IDX-i Equity real time indices, IDX Equity EOD Professional, dan IDX equity EOD Indices.

“Yang baru saja kami luncurkan di bulan September kemarin, yaitu skema IDX data untuk UMKM. Makin kesini kita melihat UMKM makin besar dan semakin banyak yang juga ingin menggunakan data IDX,” kata Lulu, secara virtual, Selasa (26/10/2021).

Lulu mengungkapkan, UMKM yang tertarik memakai layanan data mencakup UMKM begerak di bidang finansial, investasi dan lainnya. Lulu memastikan, data yang dihadirkan tersebut terpercaya dari dan mendapatkan lisensi atau agreement dengan IDX

“Mulai banyak startup fintech yang membuat situs atau web yang berisi rekomendasi investasi. Dengan produk IDX dan insentif yang diberikan support untuk mensupport bisnis fintech, kami melihat UMKM di bidang financial fokus kepada financial technology,” ujar Lulu.

Lulu mengungkapkan, pemerintah juga baru saja mengeluarkan peraturan untuk kemudahan perlindungan dan juga pemberdayaan untuk UMKM. Maka dari itu, BEI memastikan pihaknya terus mensupport kebutuhan UMKM, bahkan BEI memberikan harga special khusus bagi UMKM.

“Kita dari bursa mencoba bagaimana supaya kita bisa support UMKM dalam kondisi seperti ini. Di antaranya kami menyediakan harga spesial atau diskon special untuk UMKM yang membutuhkan license dan juga produk dari IDX data tersebut,” tambah lulu.

Lulu memperinci, BEI memberikan potongan harga yang cukup besar untuk UMKM, dari mulai diskon 80 persen dari harga produk lisensi bursa, atau untuk perusahaan kecil 60 persen, dan perusahaan menengah diberikan diskon 20 persen.

“Produk-produknya sudah kami siapkan untuk para UMKM tersebut dan bisa bersifat real time, end of the day, atau secara indirect maupun direct kepada bursa. Jadi kami siapkan beberapa produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari UMKM,” jelas dia.

Sumber : kompas

rifan financindo