Barclays : Bullish Terhadap Emas Terkait Fundamental

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Barclays masih memperkirakan emas akan bullish terkait fundamental jangka pendek, menjaga perkiraan rata-rata kuartal keempat pada level $1.220 per ons.

Permintaan fisik untuk emas menguat untuk festifal Diwali, festival Hindu lampu, yang berlangsung pekan lalu. Ini biasanya waktu yang menguntungkan untuk membeli emas.

Pedagang lokal di India mengutip peningkatan yang kuat dalam permintaan emas, dengan penjualan naik sebesar 15 persen ? beberapa dari mereka mengharapkan harga naik 20-30 persen, Barclays mengatakan dalam sebuah laporan pagi ini.

“Permintaan telah meningkat untuk perhiasan dan koin, karena harga emas lokal telah jatuh ke level yang dicapai empat tahun lalu, mendorong beberapa konsumen untuk memperluas anggaran mereka. Tren ini kemungkinan akan bertahan seiring musim pernikahan, “katanya.

Ada sekitar 8 juta perkawinan rata-rata di India setiap tahunnya, di mana emas secara tradisional memainkan peran penting. Emas sering di jadikan hadia untuk pengantin dalam bentuk anting-anting, gelang, cincin, gelang dan cincin hidung. Keluarga biasanya mulai menabung untuk pernikahan putri dari hari ia dilahirkan.

Namun, harga emas mungkin kehilangan beberapa dukungan dari konsumen terbesar kedua di dunia emas, beberapa pengamat pasar mengatakan dalam beberapa pekan terakhir ? festifal Diwali menandai festival terakhir dari festival utama tahun ini.

Perbankan juga telah mengadakan perkiraan harga rata-rata emas pada 2014 dari kisaran $1.271 per onsdan $1.180 untuk tahun 2015, dengan harga spot emas saat ini di kisaran $1,231.00/1,231.80 per ons dan range mulai menyempit di kedua sisi di level $1.230.

Barclays juga menambahkan bahwa permintaan di China juga tetap kuat ditengah harga yang cukup rendah, dengan rata-rata gulir bulanan dari volume yang ditransaksikan pada SGE (Shanghai Gold Exchange ) bergerak disekitar tingkat bulan Mei 2013, sementara rata-rata gulir tahunan masih di tingkat tertinggi bulan April 2014

Sebaliknya, harga premi telah jatuh di Hong Kong menjadi $1,15 per ons, telah turun ke level $1,35 per ons di Singapura dan jatuh ke harga paritas di Tokyo, Barclays mengatakan menyiratkan bahwa tingkat permintaan agak bergerak mixed.

Barclays juga menyoroti akan datang referendum emas Swiss pada bulan November mendatang sebagai bullish terhadap logam. Jika referendum telah selesai, Swiss National Bank (SNB) akan dipaksa untuk meningkatkan cadangan emas sekitar 1.500 ton.

Namun, Barclays mengatakan pembelian bisa dilakukan secara bertahap selama lima tahun, yang secara pro-rata akan meningkatkan permintaan sebesar 300 ton per tahun atau menyerap 10 persen dari pasokan tahunan.

“Permintaan tambahan ini akan menaikkan harga emas yang seharusnya telah disediakan oleh pasar fisik,” kata bank.” Berbeda dengan penjualan stabil dilihat oleh perjanjian emas bank sentral, ukuran pembelian terbaru India sebesar 200 ton dari IMF pada tahun 2009, menambah cadangan emas menjadi 558 ton, yang saat itu membantu meningkatkan sentimen dan mengangkat harga ke atas level $1.000.”?(izr)

Sumber : MineWeb