PT Rifan Financindo ~ Banjir Stok Tekan Harga Minyak

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Harga minyak dunia anjlok ke posisi terendah dalam tiga bulan seiring kenaikan stok, yang menyulut kekhawatiran akan surplus pasokan bensin dan bahan bakar lainnya. Ini juga menjadi tanda jika kelebihan stok dalam dua tahun tidak turun seperti yang diinginkan.

Melansir laman Wall Street Journal, Kamis (28/7/2016), harga minyak mentah AS merosot US$ 1 atau 2,3 persen menjadi US$ 41,92 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara Brent, patokan minyak global, turun US$ 1,40 atau 3,1 persen ke posisi US$ 43,47 per barel.

Stok minyak mentah naik hampir 1,7 juta barel minggu lalu, menurut Lembaga Administrasi Informasi Energi AS.

Sementara analis yang disurvei Wall Street Journal berharap, pasokan turun sebesar 1,6 juta barel. Stok bensin juga tercatat naik 452 ribu barel. Para analis telah memperkirakan tidak ada perubahan pada stok.
Kekhawatiran tentang membanjirnya pasokan telah mengirim harga minyak susut sepanjang bulan Juli. Ini menghentikan reli selama lima bulan yang mendorong minyak mencapai di atas US$ 50 per barel.

Penyulingan AS sudah tidak mampu memenuhi permintaan, dan pasar internasional juga tengah jenuh terkait persediaan cadangan minyak di AS ini, kata para analis.

Dengan memperhatikan kondisi harga komoditas pada Juli yang menurun, diragukan jika harga minyak akan kembali naik. “Setelah harga mencapai US$ 50 per barel pada bulan Juni. Jika kita melihat gambaran besar, itu tidak terlihat seperti berbalik arah,” ujar Robbie Fraser, Analis Komoditas Schneider Electric.

Kini fokus pedagang bergeser ke kenaikan saham bahan bakar. Sebab ini mendestabilisasi pemulihan harga minyak yang telah berlangsung sejak Februari.

Saat itu, berkurangnya pasokan terkait pemogokan pekerja di Kuwait, kebakaran hutan di Kanada dan serangan militan di Nigeria membantu sementara harga berbalik ke posisi awal lebih dari 18 bulan usai turun.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com

( PT RIFAN FINANCINDO )

PT RIFAN FINANCINDO