Baiknya Kinerja Manufaktur AS Angkat Saham AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham AS naik, pasca ekuitas mencatat pekan terburuk dalam enam pekan terakhir, seiring dengan pertumbuhan yang lebih baik dari perkiraan di bidang manufaktur dibayangi oleh data yang menunjukkan tingkat belanja konsumen yang stagnan.

Indeks Standard & Poor 500 naik 0,2 persen ke level 2,111.75 pada pukul 4 sore di New York, pasca sebelumnya naik sebanyak 0,6 persen.

Data yang dirilis hari ini menunjukkan kinerja manufaktur meningkat pesat melebihi perkiraan pada Mei lalu seiring tumbuhnya permintaan di laju tercepat dalam lima bulan terakhir. Laporan sebelumnya menunjukkan pembelian konsumen secara tidak terduga mendatar pada bulan April lalu, meningkatkan risiko bagian terbesar dari ekonomi yang mungkin memerlukan waktu untuk mendapatkan momentum. Sebuah rilis data terpisah menunjukkan belanja konstruksi meningkat lebih dari estimasi.

Saham mengalami koreksi pekan lalu, memangkas kenaikan terbesar bulanan sejak Februari, di tengah kekhawatiran tentang kekuatan rebound dari pelemahan pertumbuhan pada kuartal pertama.

Indeks S&P 500 naik sebesar 1,1 persen pada Mei lalu, secara historis ini merupakan kinerja bulanan terburuk kedua untuk ekuitas AS. Indeks mencapai rekor tertingginya pada 21 Mei lalu, sementara indeks Dow Jones Industrial Average dan indeks Nasdaq Composite juga menembus level baru tertingginya. Ekuitas pada Mei lalu bergerak di kisaran perdagangan sempit dalam delapan bulan terakhir disaat volume perdagangan merosot cukup tajam tahun ini.

Penguatan bulan lalu ditopang oleh serangkaian data ekonomi yang menunjukkan pertumbuhan berada pada kecepatan moderat pasca melemah pada kuartal pertama, dengan Federal Reserve yang memberi sinyal akan adanya sedikit peningkatan biaya pinjaman dan secara bertahap. Para ekonom memperkirakan the Fed akan menaikkan suku bunga pada bulan September mendatang. (izr)

Sumber: Bloomberg