Australia Tambah Lap. Kerja pada April; Pengangguran Tetap di Posisi 5,7%

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Ekonomi Australia menambahkan lapangan pekerjaan pada bulan April dan tingkat pengangguran bertahan di posisi rendah dua setengah tahun menyusul meningkatnya jumlah pekerja paruh waktu.

Pengangguran tidak berubah pada posisi 5,7%; dengan prediksi ekonom 5,8%

Lapangan kerja naik 10.800 dari bulan Maret; sementara ekonom memprediksi di kenaikan 12.000

Pekerjaan penuh waktu turun 9.300; sedangkan paruh waktu naik 20.200

Tingkat patisipasi, indeks untuk angkatan kerja untuk sebagai bagian dari populasi, turun menjadi 64,8%; sedikit dibawah prediksi ekonom 64,9%

Laporan itu memberikan sinyal bahwa suku bunga pada rekor rendah membantu membangkitkan industri seperti konstruksi, pariwisata dan pendidikan yang membantu menyerap pengangguran seiring ledakan sumber daya yang menurun. Pertumbuhan pekerjaan untuk bulan kedua ini juga memberikan keuntungan bagi pemerintah yang sedang berusaha untuk mendorong kepercayaan ekonomi menjelang pemilihan pada 2 Juli nanti. Namun, pertumbuhan upah cenderung stagnan, prospek investasi masih lemah dan awan kelam masih menyelimuti ekonomi China, yang merupakan mitra dagang terbesar Australia.

Dolar Australia sedikit melemah setelah laporan, dibeli pada level $72,19 sen pada pukul 11:36 pagi waktu Sydney.

Bank sentral Australia pekan ini mengatakan bahwa data mengindikasikan kapangan kerja akan terus tumbuh, meskipun pada kecepatanyang lebih lambat dibandingkan dari tahun sebelumnya, dalam risalah rapat dewan Mei-mereka. Untuk saat ini, inflasi rendah yang masih terus berlangsung menjadi perhatian terbesar untuk bank sentral negeri kangguru tersebut. (sdm)

Sumber: Bloomberg