Australia Pangkas 1.000 Pekerjaan di Desember, Pengangguran Tidak Berubah di 5,8 %

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Pengusaha di Australia pada bulan Desember memangkas lapangan pekerjaan terkait tingkat suku bunga pada rekor yang rendah gagal memperpanjang lonjakan dalam pekerjaan pada dua bulan sebelumnya.

* Lapangan pekerjaan turun sebanyak 1.000 dari bulan November; menurut perkiraan ekonom menurun sebanyak 10.000. Pekerjaan di bulan November direvisi naik ke angka 74.900

* Pengangguran berada di level 5,8 %; ekonom memprediksi 5,9 %

* Pekerjaan Full-time meningkat 17.600; sedangkan paruh waktu turun 18.500

* Tingkat Partisipasi, ukuran tenaga kerja berdasarkan populasi, jatuh ke level 65,1 % dari level 65,3 %; ekonom memperkirakan 65,2 %.

Pembuat kebijakan Australia mencoba untuk memulai perekonomian dengan latar belakang upah yang stagnan, investasi bisnis menurun dan anjloknya harga komoditas. Bank sentral pangkas suku bunga acuan menjadi 2 % pada bulan Mei dan mata uang utama telah turun dari level tertinggi pada lonjakan saham pertambangan, membantu sektor industri seperti pariwisata, pendidikan dan konstruksi.

Memang, perekonomian mencatat lonjakan pada lapangan pekerjaan di bulan Oktober dan November, meningkatkan harapan tersebut yang sejalan dengan reboundnya investasi pertambangan dan melemahnya permintaan dari mitra dagang utama China. Masih besarnya kenaikan membawa kecurigaan baru tentang keakuratan data angkatan pekerjaan, menurut laporan dari Biro Statistik Australia yang telah mengakui di masa lalu.

Sementara itu, Dolar diperdagangkan di level 69,41 lokal sen AS pada pukul 11:34 pagi waktu Sydney, dari level sebelumnya 69,37 sen sebelum data dirilis. (knc)

Sumber : Bloomberg