Aussie Capai 8 Bulan Tertinggi Karena Penurunan Tingkat Pengangguran

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar Australia naik ke level tertinggi dalam delapan bulan setelah laporan menunjukkan tingkat pengangguran negara tersebut secara tak terduga mengalami penurunan. Mata uang Selandia Baru juga naik karena data aktivitas ekonomi yang lebih baik dari perkiraan.

Kedua mata uang (aussie dan kiwi) memperpanjang keuntungan dari hari Rabu setelah Federal Reserve turunkan harapan untuk laju kenaikan suku bunga dan meredam permintaan untuk dolar AS. Aussie telah melonjak 6,4 persen sepanjang bulan ini, mata uang utama dengan kinerja terbaik setelah real Brazil. Aussie menguat pada hari Kamis bahkan setelah laporan pekerjaan menunjukkan pengusaha menambahkan pekerjaan lebih sedikit dari yang ekonom telah prediksikan.

Dolar Australia menguat 0,5 persen menjadi 75,94 sen AS pada pukul 13:35 siang di Tokyo setelah menyentuh 76,19, level terkuat sejak 3 Juli. Aussie menguat 0,4 persen menjadi 85,33 yen. Sementara kiwi naik sekitar 0,6 persen menjadi 67,66 sen AS dan 76,03 terhadap yen.(frk)

Sumber: Bloomberg