AS Diterjang Badai Joaquin, Harga Minyak Melemah

AS Diterjang Badai Joaquin, Harga Minyak MelemahRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent melemah pada perdagangan Kamis waktu New York.

Dilansir CNBC, Jumat, 2 Oktober 2015, melemahnya harga minyak dipicu oleh kekhawatiran kerusakan instalasi minyak di Amerika Serikat akibat diterjang badai East Coast. Selain itu, komentar Menteri Luar Negeri Rusia juga meredakan kekhawatiran atas eskalasi dalam perang Suriah.
Laporan terbaru dari National Hurricane Center’s (NHC) menyebutkan badai Joaquin menerjang hingga 100 mil dari New York City di timur Long Island sebagai badai tropis. Sebelumnya, NHC telah memperkirakan bahwa badai akan menghantam pantai New Jersey dan New York Harbor, rumah bagi beberapa kilang minyak, pipa, dan infrastruktur energi lainnya.
Minyak AS alias WTI ditutup pada level US$44,74 per barel, atau turun 0,8 persen dibanding perdagangan sebelumnya.Harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Desember, turun 66 sen ke posisi US$48,40 per barel.
Investor menyoroti badai Atlantik tersebut karena dikhawatirkan bisa menyebabkan penutupan instalasi minyak sebagai pencegahan kerusakan lebih lanjut. Seperti yang terjadi pada saat terjadi badai Sandy di 2012, yang menyebabkan infrastruktur energi mengalami kerusakan.
NHC juga memperkirakan kerusakan yang disebabkan badai Joaquin kemungkinan bisa sama dengan badai Sandy. (one)
Sumber : http://bisnis.news.viva.co.id