Lihat, Kuasai, Menang!

bis61Seberapa banyak orang yang mau memiliki usaha sendiri dan sukses? Tentunya banyak sekali! Keinginan membuat usaha sendiri kemudian bagi sebagian orang merupakan sebuah tindakan yang harus langsung diwujudkan. Dengan tentunya sudah mempersiapkan diri tentunya. Baik jenis usaha, permodalan dan sumber daya manusianya.

Bahkan tak sedikit yang sudah melakukan survey pasar dan membuat usahanya sangat pro pasar. Dalam artian para pengusaha pemula ini berusaha untuk membuat usahanya sesuai dengan kebutuhan pasar. Tentunya dengan harapan bahwa usaha mereka akan berada di jalur cepat. Namun ketika semua sudah siap, tapi jalan usahanya masih tersendat-sendat. Apa gerangan yang membuat semua itu terjadi?

Ada yang menjawab ?belum menemukan jalannya saja?, atau sebagian berkata ?keberuntungan belum datang? dan banyak lainnya. Sah-sah saja orang mengatakan seperti itu, namun yang harus ditilik lebih dalam adalah evaluasi pada usaha kita yang tengah berjalan itu. Jika semua layaknya sudah ada di tangan, tapi masih tersendat, bukan karena jenis usaha yang tidak diterima oleh pasar. Bisa jadi usaha yang kita jalankan itu sangat dibutuhkan pasar, hanya saja apakah diri kita menguasai jenis usaha yang kita jalankan.

Ambil contoh pasar memang membutuhkan beras, tapi sebenarnya komoditas yang lebih dikuasai adalah gula mulai dari hulu hingga hilir. Maka lebih baik menjual gula ketimbang beras, karena lebih menguasai bidang gula ketimbang beras. Toh, kedua barang ini dibutuhkan oleh pasar. Jadi sebelum membuka usaha sendiri, selain melihat kebutuhan pasar, maka Anda harus menguasai jenis usaha itu terlebih dahulu.

Yang patut Anda ingat adalah bahwa tidak sedikit orang yang ?bermain? dalam usaha yang menyediakan kebutuhan pasar. Anda harus membuat penawaran menarik dan unik sehingga pasar akan datang kepada Anda. Lantas hal lainnya yang harus Anda ingat adalah selalu waspada terhadap niat ?baik? seseorang yang hendak membantu Anda. Percayakan pada intuisi Anda, asahlah kemampuan ini sebagai bagian dari pengambilan keputusan.

Camkan poin-poin berikut ini;

  • Kuasailah jenis usaha yang Anda ingin jalankan.
  • Lakukan riset yang baik sebelum membuat usaha.
  • Riset dapat mengarahkan Anda untuk membuat perencanaan bisnis dengan baik.
  • Lakukan evaluasi sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat, per-triwulan, per-catur wulan, per-semester, atau per-tahun.
  • Jika Anda memasuki jenis usaha yang sudah banyak pemainnya, lakukanlah penawaran menarik dan unik untuk menarik pasar.
  • Disiplin adalah kunci sukses bagi Anda untuk berbisnis.
  • Yang patut Anda ingat adalah profit besar biasanya dapat menarik risiko besar pula.

– See more at: bisnisindeks